FAQ pada Website

Tips Cerdas Membuat Halaman FAQ pada Website Perusahaan

Bagi para pemilik bisnis online, perlu sekali Anda ketahui bahwa membuat halaman FAQ pada website perusahaan merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan. Mengapa? Karena, di halaman tersebut Anda bisa merangkum atau mengakumulasi berbagai macam pertanyaan dari customer yang sering sekali ditanyakan sehingga pengunjung yang mengunjungi website bisa langsung mengakses halaman tersebut untuk mencari informasi dasar secara cepat.

Banyak orang yang menyepelekan cara yang satu ini. Padahal, membuat halaman FAQ sangat penting untuk menjaga brand perusahaan. Tentu kita semua paham bahwa kepuasan pelanggan adalah hal yang paling utama. Kepuasan pelanggan tentu saja dilihat salah satunya dari kualitas pelayanan perusahaan dalam menjawab berbagai macam pertanyaan dari pelanggan melalui website yang ada.

Baca juga : Panduan membuat blog Mudah

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips cerdas dalam membuat halaman FAQ pada website bisnis yang Anda miliki demi menjaga kepuasan pelanggan:

Mencari Tahu Pertanyaan yang Sering Diajukan Pengunjung

Langkah awal saat akan membuat halaman FAQ pada website perusahaan adalah Anda harus mencari tahu terlebih dahulu pertanyaan yang seringkali diajukan oleh pengunjung. Pertama, Anda tentu saja harus fokus pada kebutuhan pengunjung. Caranya tentu saja dengan fokus pada pertanyaan apa saja yang kira-kira sering diajukan. Setelah itu, buatlah daftar pertanyaan yang sering ditanyakan agar pengunjung lebih mudah menemukan jawabannya.

Pada umumnya, pengunjung akan lebih sering bertanya mengenai brand dan juga masalah yang bersifat umum. Selain itu, seringkali ditanyakan juga solusi dari masalah pengunjung atau konsumen seputar produk atau jasa yang Anda jual. Namun, tentu saja akan lebih baik lagi jika Anda mencantumkan pertanyaan yang sering diajukan beserta dengan jawabannya. Dijamin, konsumen akan lebih cepat memiliki pemecahan masalah yang ia miliki dan semakin yakin dengan brand yang Anda pasarkan.

Baca juga : check domain mulai 14.000

Menggunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Penting untuk diingat bahwa Anda memiliki pengunjung dengan berbagai kemampuan yang berbeda-beda dalam memahami sesuatu. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa menggunakan bahasa yang mudah dipahami agar berbagai pengunjung yang datang dapat dengan mudah memahami jawaban yang Anda berikan. Jadi, konsumen dari berbagai kalangan kelas bisa memahami apa yang sudah Anda jawab.

Bahasa pada FAQ akan lebih baik jika menggunakan sudut pandang bahasa konsumen. Jadi, gunakanlah bahasa persuasif agar pengunjung bisa lebih memahami jawaban yang Anda berikan pada saat membuat halaman FAQ pada website perusahaan.

Menggunakan Tampilan yang Menarik

Selanjutnya, jangan lupa untuk memberikan tampilan yang menarik. Seperti yang Anda ketahui bahwa fungsi utama sebuah halaman FAQ adalah untuk menampung berbagai macam pertanyaan yang diberikan oleh pengunjung. Pastinya, halaman ini sering sekali diakses oleh pengunjung yang datang ke website Anda. Perlu diingat bahwa tampilan atau daya visual yang menarik dapat memengaruhi pengunjung saat membaca jawaban yang ada di halaman FAQ.

Usahakanlah sebaik mungkin agar visualisasi interface pada halaman FAQ tidak membosankan. Karena, halaman dengan daya visual yang membosankan cenderung lebih cepat ditinggalkan oleh pengunjung dan bahkan membuat mereka tidak akan kembali. Kalau sudah seperti itu, dikhawatirkan mereka juga tidak membaca jawaban penjelasan hingga tuntas.

Mengetahui Cara Menjawab Pertanyaan

Tips selanjutnya ketika membuat halaman FAQ pada website adalah dengan cara mengetahui bagaimana caranya menjawab pertanyaan yang ada. Jadi, selain menggunakan media visual seperti video atau foto, Anda juga bisa menentukan media lain untuk menjawab pertanyaan yang ada. Contohnya, menghubungi pengunjung secara personal melalui media sosial, email pribadi atau menelpon secara langsung.

Atau Anda juga bisa memanfaatkan fitur live chat atau chatbot yang sudah sering sekali digunakan oleh berbagai perusahaan besar pada website mereka. Fungsi chatbot yang ada sebenarnya hampir sama dengan keberadaan customer service. Bahkan, Anda juga bisa menjawab pertanyaan pengunjung dengan cepat dalam kurun waktu 7×24 jam.

Sering Memperhatikan Pertanyaan yang Masuk

Tips terakhir ketika membuat halaman FAQ pada website adalah Anda harus sering-sering memperhatikan pertanyaan yang masuk. Hal ini tentu saja bisa dilakukan dengan cara melakukan pembaharuan secara berkala seperti misalnya satu minggu sekali atau dua minggu sekali. Setelah itu, Anda bisa mencatat berbagai macam pertanyaan yang masuk.

Tujuannya tentu saja supaya ketika nantinya ada pertanyaan sama yang masuk, Anda tidak memiliki kesulitan atau kebingungan dalam menjawab pertanyaan tersebut. Sebelum bertanya, pengunjung yang paham pasti akan segera melihat halaman FAQ untuk mencari pertanyaannya yang mungkin saja sudah langsung terjawab tanpa perlu bertanya kembali dengan pertanyaan yang sama.

Selain memperhatikan dan melakukan pembaharuan terhadap pertanyaan yang masuk, Anda juga perlu mengelompokkan pertanyaan ke dalam jenisnya sendiri-sendiri. Tentu saja hal ini dilakukan demi pengunjung, agar mereka mudah menemukan jawaban pada pertanyaan yang mereka miliki ketika pertanyaan sudah dikelompokkan pada jenisnya masing-masing.

Itulah beberapa tips sederhana mengenai cara membuat halaman FAQ pada website perusahaan agar brand perusahaan Anda semakin dikenal dan dipercaya di kalangan masyarakat. Halaman FAQ tentu saja bisa menunjang kenyamanan pengunjung dan juga keamanan. Cukup mudah, bukan?