Penyebab Anak Tidak Berhasil Walaupun Ikuti Banyak Les atau Kursus

Penyebab Anak Tidak Berhasil Walaupun Ikuti Banyak Les atau Kursus

Kebanyakan orang tua pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak atau buah hatinya. Hal ini wajar saja, karena semua orang tua pasti ingin memiliki buah hati yang bisa dalam segala bidang atau beberapa bidang yang memang diminati atau diahlikannya. Biasanya orang tua tidak hanya akan memberikan anak jatah sekolah formal saja untuk mengenyam pendidikan. Akan tetapi juga mengikut sertakan buah hati ke beberapa les anak tambahan.

Bahkan tak tanggung-tanggung, ada juga orangtua yang mendaftarkan dan mengikutsertakan buah hatinya banyak tempat les dan kursus untuk menambah pengetahuan dan kemapuannya. Namun pertanyaannya apakah cara ini baik jika diterapkan kepada anak?

 

Penyebab Anak Tidak Berhasil Walaupun Ikuti Banyak Les

Nah, untuk tahu jawabannya langsung saja yuk kita simak ulasan tentang alasan mengapa banyak mengikuti les anak atau kursus bisa sebabkan anak kurang berhasil berikut ini.

Oke, jadi ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa buah hati Anda tidak berhasil padahal sudah mengikut banyak sekali les dan kursus. Berikut diantaranya.

Anak Kelelahan

Menurut penelitian yang sudah pernah dilakukan oleh para ahli seorang anak yang mengikuti les atau kursus tambahan atau kegiatan tambahan di luar sekolah hingga 4 sampai 5 kali dalam seminggu hingga larut malam akan membuatnya kelelahan dan kurang fokus sehingga jarang menghabiskan waktu yang berkualitas untuk dirinya sendiri dan keluarga. Ini bisa berdampak pada kegagalan yang mungkin akan dialami buah hati Anda.

Tuntutan Terlalu Tinggi

Tuntutan yang terlalu tinggi pada anak yang tidak diimbangi dengan keinginan, minat dan bakat anak dalam suatu bidang juga bisa menjadi penyebab anak tidak berhasil dalam melakukan beberapa hal. Jadi, pastikan Anda sesuaikan dengan minat, keinginan dan bakat buah hati Anda ketika memilih tempat les. Misalnya anak yang memiliki minat dan hobi menggambar, Anda bisa mendaftarkannya untuk mengikuti les gambar.

Melampaui Batas Kemampuan Anak

Kegiatan tambahan seperti les tambahan pada anak yang tidak sesuai dengan kemampuannya juga bisa saja menjadi penyebab anak Anda gagal dalam melakukan beberapa hal. Jadi, pastikan seimbangkan kegiatan tambahan tersebut dengan kemampuan anak Anda.

Itu dia alasan mengapa seorang anak sebaiknya tidak mengikuti banyak les atau kursus tambahan. Semoga Anda mengerti kebutuhan anak Anda sebenarnya. Terimakasih.