Ini Dia Proses Memulai Jasa Sablon Kaos Murah

Ini Dia Proses Memulai Jasa Sablon Kaos Murah

Sebagai salah satu dari pecinta fashion, pasti di lemari Anda terdapat satu atau dua baju yang dipoles dengan cara disablon. kemunculan factory outlet dan distro yang kian menjamur, membuat para pengusaha tertarik untuk melirik salah satu bisnis yang memiliki sangkut paut yang cukup penting dengan bisnis distro yaitu sablon kaos.

Bisnis sablon ini tak memerlukan modal yang cukup besar, sehingga cocok untuk dirintis oleh para mahasiswa yang ingin mendapatkan uang jajan tambahan atau para UMKM yang masih berskala kecil. Karena memiliki modal yang lumayan terjangkau, Jika Anda dapat menetapkan tarif yang terjangkau pula kepada konsumen. Seperti yang kita tahu bahwa semakin murah dan hasil yang didapatkan juga bagus, maka akan semakin banyak pula konsumen yang tertarik.

Proses Pembuatan Sablon Kaos Murah

Nah, untuk menambah wawasan anda, kami akan berikan penjelasan yang cukup lengkap mengenai proses pembuatan kaos sablon murah. Simak ulasan berikut ya!

 

Tahap Afdruk

Proses pertama di dalam pembuatan sablon kaos adalah afdruk. Tahap ini dilakukan ketika Anda akan mencetak atau mendesain di atas screen. Tujuan dari proses afdruk ini yaitu agar tinta cetak yang akan dituang di atas screen hanya akan membentuk pola atau desain yang telah ditentukan. Proses afdruk ini juga terdiri dari beberapa tahap, seperti:

  • Bersihkan screen dengan cara dicuci menggunakan sabun dan spons. Setelah itu, keringkan screen dengan bantuan sinar matahari dalam posisi berdiri. Hal ini dilakukan agar screen memiliki permukaan yang bersih dan kering
  • Setelah dipastikan screen benar-benar kering, selanjutnya Anda dapat mengoleskan obat afdruk atau photo emulsion di bagian belakang dan depan screen. Usahakan Anda menggunakan bantuan alat seperti kuas cat, penggaris, rakel, atau yang lain agar hasilnya tidak terlalu tebal. Keringkan obat afdruk tersebut dengan cara diangin-anginkan atau menggunakan bantuan kipas angin. Usahakan screen jangan sampai terkena sinar matahari
  • Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan film sablon, kemudian rekatkan pada permukaan screen. Untuk proses pengeringan terdapat dua pilihan yaitu menggunakan bantuan sinar matahari dan cahaya buatan yang dapat berasal dari lampu neon.
  • Setelah proses pengeringan atau penyinaran selesai, maka pola, desain, atau gambar yang telah dibuat dalam proses sebelumnya akan terlihat di atas screen. Setelah itu, buang obat afdruk yang masih menempel di permukaan screen menggunakan siraman air yang bertekanan tinggi atau rendam screen di dalam air.

Tahap Penyablonan

  • Langkah pertama dalam tahap penyablonan adalah dengan menempelkan plester pada pinggir gambar agar cat tidak tumpah kemana-mana
  • Setelah itu, Anda dapat meletakan pasta warna yang sudah dicampur dengan wara yang Anda inginkan sesuai desain atau pola yang telah ditentukan
  • Untuk menghindari kemungkinan cat tembus ke bagian belakang kaos, Anda dapat menggunakan papan triplek di bagian belakang
  • Untuk menyapu dan membersihkan sisa car, Anda dapat menggunakan rakel yaitu sapu yang terbuat dari karet sintetis. Setelah itu, barulah Anda dapat mengeringkan baju atau kaos yang telah selesai disablon.

 

Tahap Pengapusan Film

Setelah semua tahap penyablonan selesai, kini saatnya Anda memasuki tahap untuk menghapus film. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencuci menggunakan air yang telah diberikan campuran obat pembersih. Setelah dirasa bersih, usahakan Anda mengeringkan screen menggunakan bantuan sinar matahari.

Demikian ulasan lengkap mengenai bisnis sablon kaos murah lengkap dengan cara pembuatannya. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.